Sabtu, 24 Mei 2014

Kumpulan ICE BREAKER Komsel

“Kumpulan ICE BREAKER Komsel”
1.     C-LIA (Cipta Lirik & Ikuti Aku)
Ciptakan Lirik lagu yang di tentukan dengan spontan. Sesuai dengan tema yang sudah di tentukan dengan gaya masing masing, lalu teman teman lain mengikutinya.
-          Jalan Serta Yesus : Pergi Komsel
-          Bangkit S’rukan Nama Yesus : Menjadi teladan dalam perkataan
-          Jangan Lelah : Jangan Menyerah
  

2.     TU-CETAR (TULIS CERITA BERPUTAR)
Bahan :  2 kertas & 2 bolpoin.
Petunjuk:
Setiap orang diminta untuk duduk membentuk lingkaran, lalu setiap orang yang mendapat kertas harus menulis maksimal 2 buah kalimat terserah apapun kata-katanya dan nantinya ini diharapkan menjadi sebuah cerita.
Setelah menulis, kertas tersebut diberikan kepada orang sebelahnya (putaran boleh searah / berlawanan arah jarum jam yang penting tidak berubah). Orang sebelahnya akan melanjutkan kalimat yang ditulis orang sebelumnya pada baris berikutnya.
Dalam permaninan ini, setiap peserta hanya boleh melihat kalimat terakhir yang ditulis orang sebelumnya. Kata terakhir tersebut posisinya harus selalu di bawah kalimat panjang.
Setiap orang yang sudah selesai menulis satu baris kalimat, jangan lupa menutup kalimat sebelumnya dengan cara melipat kertas baru menyerahkan kertas tersebut ke orang yang baru. Game akan selesai ketika 2 kertas yang berputar tersebut bertemu di satu orang. Orang terakhir yang mendapat kertas bertugas untuk membacakan isi cerita dari kertas itu. 
Makna: Tidak segala sesuatu harus sama tetapi kita bisa bekerja sama untuk menyelesaikan apa yang di percayakan kepada kita. Meskipun terkadang didalam pelaksanaanya ada beberapa masalah, tetapi itu semua harus bisa di atasi.

3.      BBB (Bukan Berhitung Biasa) BERHITUNG 1-5
Mintalah agar semuanya membentuk lingkaran.
Pada saat berhitung : 1, 2 (Dengan Nada), 3 (Puji Tuhan), 4 (Dengan Nada), 5 (Pasti Bisa), 6 Tepuk tangan (SEMANGAT). Lalu, angkat tangan diatas kepala sebagai arah penunjuk orang berikutnya.
Yang kalah adalah orang yang menyalahi aturan, contohnya pada waktu angka 3 malah menyebutkan angka 3 bukannya tepuk tangan.

4.      RUBER (RUMUS SALAH BENAR)
(Jika Salah, silahkan memisahkan diri)
Cara permainan ini dimulai dengan moderator yang memberikan rumus, rumusnya terserah yang penting terdiri dari SALAH atau BENAR.
Contoh rumus: SALAH SALAH BENAR atau BENAR BENAR BENAR SALAH.
Tujuannya dari rumus ini apa sih?
Awalnya, saya akan menyebutkan rumus tersebut sebelum permainan dimulai. Sewaktu permainan dimulai, moderator akan memberikan instruksi MAJU, MUNDUR, KIRI atau KANAN. Agar lebih seru, semua peserta diminta untuk menyebutkan aksinya juga dengan berbicara. Jadi contohnya jika peserta MAJU, maka peserta harus berteriak MAJU sambil badannya juga maju.
BENAR SALAH BENAR SALAH = Maju, Kanan (Kiri), Duduk, Duduk (Berdiri)
SALAH SALAH BENAR SALAH = Tutup Mata (Melek), Berdiri Tegak (Miring),         Berbicara, Berdiri (Duduk)
BENAR SALAH SALAH = Putar Kanan, Putar Kanan (Putar Kiri), Geleng Kepala (Diam)
BENAR BENAR SALAH = Melompat, Menari, Berdiri (Duduk), dll
SALAH BENAR BENAR SALAH = Kanan (Kiri), Maju, Duduk, Duduk (Berdiri)
SALAH SALAH SALAH BENAR = Tutup Mata (Melek), Berdiri Tegak (Miring),         Berdiri (Duduk), Goyang Badan.

5.      TTAY-SAKA (TEBAK APA YANG SAYA KATAKAN)
Prosedur :
Ø  Sampaikan instruksi permainan ini: “Tebak Apa Yang Saya Katakan”
Ø  Peserta Berpasangan, lalu berhadapan. Bisa cewek-cewek atau cowok-cowok.
Ø  Sambil menunjukkan jempol, trainer mengucapkan ini Bebek
Ø  Ketika menunjukkan telunjuk trainer mengucapkan yang ini Ayam
Ø  Kemudian ketika menunjukkan kelingking trainer mengucapkan kalo yg ini Itik
Ø  Yang terakhir ketika menunjukkan Gengaman jari trainer mengucapkan dan yg ini Angsa

Ø  Tanyakan kepada peserta sudah paham atau belum, praktekan sekali untuk mengetest kepahaman mereka, setelah dirasa paham, barulah trainer menjalankan aksinya.
Ø  Peserta diminta menebak apa yang trainer katakan, katakan seperti contoh diatas, setelah selesai, katakan” Kalo yang ini” tetapi kita menunjuk pada jari kelingking. Biasanya peserta akan bingung dan protes. Ulangi lagi dengan variasi lain. Sampai terjawab dengan benar.
Ø  Ketika peserta telah memahami instruksi diatas, maka ia akan mengikuti kata kunci tanpa memperhatikan jari mana yang kita tunjukkan. Jawaban yang benar adalah bila trainer menyebutkan “ini”, maka jawabannya adalah “ayam” dst, seperti dibawah ini:
Ø  Nama hewan dan urutan bisa terserah trainer, jadi letak seru atau tidaknya permainan ini adalah bagaimana peserta bingung menjawab pertanyaan trainer karena tidak memperhatikan instruksi.

6. CARI-CARI TEMAN
Petunjuk :
·         Buatlah kalimat pendek yang berhubungan dengan materi pelajaran yang akan diberikan, misal : Berlatih Mengendalikan Lidah. Kalimat yang dibuat sebanyak setengah dari jumlah peserta, kalau peserta 20 orang, harus disediakan 10 kalimat.
·         Pecahlah kalimat tersebut ke dalam dua bagian dan ditulis di kertas , satu kertas berisi kalimat Bersama Membangun dan satu kertas berisi kata Kepedulian.
·         Gulunglah kedua kertas yang berisi tulisan tadi.
·         Bagikan kertas – kertas tergulung yang sudah disiapkan sebanyak jumlah peserta (apabila peserta ganjil, satu orang berpasangan dengan pemandu sendiri).
·         Minta peserta untuk membuka gulungan kertas masing – masing dan membaca isinya yaitu sepotong kalimat yang belum lengkap.
·         Minta peserta untuk mencari pasangannya masing – masing agar kalimat itu menjadi lengkap.
·         Minta setiap pasangan berkenalan dan mendiskusikan arti kalimat tersebut.
·         Minta peserta berkumpul lagi dan meminta setiap pasangan memperkenalkan pasangannya dan menyampaikan arti kalimat kepada peserta yang lain.

Thema : Berlatih Mengendalikan Lidah
1.      Ef 4;29 Tidak berkata-kata kotor, kasar, dll tetapi berkata-kata baik supaya orang termotivasi.
2.      Kol 4;6 perkatakanlah kata-kata yang penuh kasih
3.      1 Petrus 3;10 Menjaga lidah dari yang jahat (Fitnah, Adu domba, Gosip, dll) dan menjaga bibirnya dari ucapan yang menipu. (Ex. Berbohong)
4.      Yak 3 : 6 & 8: Lidah adalah api. Lidah tidak mudah di jinakan/dikuasai, buas dan penuh racun mematikan. So, Perlu dilatih.
Yak 3 : 9 - 10 : Dengan lidah kita bisa memuji Tuhan & mengutuk manusia. Dari 1 mulut yang sama keluar berkat dan kutuk ; Tidak boleh demikian.
5.      Lukas 6 ; 43-45 Apa yang kita katakan adalah cerminan diri kita.

6.  RUJAK BARENG
Rujak Bareng, denger kata itu pasti banyak yang ngakak. Gak salah tu…??? Ya gak lah.
Bikin rujak bareng, makan bareng dan saling Suap2an… Saling memberikan rujak ke setiap orang, setelah itu silahkan sama2 duduk dan menikmati rujak bersama. Pasti seru deh.


Sumber :
Kreatifitas sendiri dan junaediwidjojo.blogspot.com


1 komentar: